Sunday, January 29, 2017

Jawaban Gus Dur kepada Banser: Yang Kau Jaga Bukan Gereja, tetapi Indonesia

Barisan Ansor Serba Guna (Banser) yang merupakan sayap organisasi Gerakan Pemuda Ansor merupakan salah satu organisasi yang mempunyai komitmen kuat terhadap keamanan dan keutuhan NKRI. Pekikan “NKRI Harga Mati” pun telah menjadi ruh tersendiri bagi Banser.

Seperti ketika momen Hari Raya Natal tiba. Hari besar yang kerap dijadikan oleh kelompok radikal untuk melancarkan aksi terornya itu membuat Banser turut aktif dalam menjaga kekhidmatan ibadah Natal bagi saudara sebangsa untuk menjaga gereja.

Diceritakan oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, ketika itu ada seorang Banser yang mengemukakan keragu-raguannya dalam turut menjaga gereja. Kemudian dia bertanya kepada KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) kala itu.

"Saat ada Banser yang masih ragu-ragu menjaga gereja bertanya kepada Gus Dur, kemudian Gus Dur menjawab tegas, jika masih ada sedikit keraguan dalam hatimu, berpikirlah bahwa yang kau jaga ini bukan gereja, melainkan Indonesia. Atau setidaknya berpikirlah, bahwa yang kamu jaga adalah kotamu. Yang kamu jaga adalah tanah kelahiranmu. Sebab setiap gangguan yang terjadi di tanah kelahiranmu, pasti akan berdampak kepadamu,” tutur Agung menirukan jawaban Gus Dur.

Hal itu diungkapkan AKBP Agung ketika memberikan sambutan dalam sebuah pengajian dan istighostah bersama yang diselenggarakan Polres bersama GP Ansor Jombang di halaman Kantor Polres setempat belum lama ini.

Selengkapnya di  http://taiwanhalal.com/post/129/jawaban-gus-dur-kepada-banser-yang-kau-jaga-bukan-gereja-tetapi-indonesia.html

No comments:

Post a Comment